5 Tips Mengatasi Kondisi Obesitas pada Anak

5 Tips Mengatasi Kondisi Obesitas pada Anak

Orang tua tentu akan sangat senang jika melihat anaknya tumbuh dengan grafik penambahan berat badan yang terus meningkat. Bahkan banyak orang tua yang menginginkan anak mereka tumbuh dengan tubuh yang gemuk dan menggemaskan. Penting untuk diketahui bahwa berat badan ideal anak harus selalu terjaga dengan baik dan wajib diwaspadai apabila sudah mulai berlebihan atau menuju obesitas.

Mengatasi Obesitas

Lalu, solusi apa yang bisa diambil jika anak sudah terlanjur mengalami obesitas? Jika berat badan anak sudah dinyatakan melebihi ideal atau obesitas, maka orang tua harus segera mengambil tindakan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi obesitas yang dialami oleh si kecil:

1. Terapkan Pola Makan Sehat

Kunci penting dalam mengatasi masalah obesitas ini tentu saja adalah pola makan. Terapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang agar bobot tubuh anak kembali ideal. Turunkan porsi makan secara perlahan dan berikan pengertian kepada anak untuk membatasi porsi makannya agar tubuh lebih sehat. Buatlah jadwal makan agar anak tidak terbiasa makan sembarangan.

2. Biasakan Banyak Minum Air Putih

Ajari anak kebiasaan minum air putih dalam jumlah yang banyak setiap hari. Banyak minum air putih sangat efektif membantu anak tidak mudah merasa lapar sebelum jam makan tiba. Selain itu, minum air putih juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hindari jenis minuman kemasan dengan kadar gula yang cukup tinggi.

3. Tingkatkan Aktivitas Fisik

Demi menjaga berat badan ideal anak dan menghindari obesitas, maka cobalah untuk terus meningkatkan aktivitas fisik anak. Ajak anak melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang mereka sukai. Ikutlah bersama anak melakukan aktivitas fisik tersebut. Cara ini akan sangat efektif dalam membakar timbunan lemak yang ada di tubuh si kecil.

4. Jangan Memberi Tekanan

Pastikan untuk tidak memberi tekanan apapun kepada anak untuk menurunkan berat badannya. Obesitas mungkin merupakan masalah yang memang tidak bisa dianggap remeh. Hanya saja orang tua tetap tidak boleh memberi tekanan kepada anak mereka. Selalu berikan apresiasi ketika anak berhasil makan makanan sehat dan setelah anak selesai berolahraga.

5. Pantau Terus Berat Badan

Jangan lupa untuk terus memantau berat badan si kecil. Lakukan penimbangan secara berkala, minimal sebulan sekali untuk mengetahui pergerakan grafik berat badan anak. Pemantauan ini akan sangat efektif untuk mengetahui apakah usaha penurunan berat badan memang bekerja dengan baik atau tidak.

Berat badan ideal anak di masa pertumbuhan akan sangat membantu anak untuk tumbuh sehat dan kuat. Orang tua tentu punya peran besar dalam mempertahankan berat badan ideal dan mencegah anak dari obesitas. Usahakan untuk tetap memenuhi kebutuhan gizi anak meskipun anak harus mengatur pola makan agar terbebas dari obesitas.

admin