7 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Bayi 6 Bulan

7 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Bayi 6 Bulan

Kesiapan anak mendapatkan asupan nutrisi selain ASI bisa Anda lihat sejak ia mulai menunjukkan ketertarikan pada makanan. Anak akan mengangkat leher saat Anda menikmati makanan, masih lapar meski baru menyusu, mampu menggenggam makanan padat tertentu, dan anak memang sudah masuk usia 6 bulan. Bila anak sudah siap secara fisik dan psikis, Anda bisa mulai MPASI dengan frekuensi dan porsi kecil lebih dulu. Anda hanya perlu mengetahui jenis makanan yang aman dikonsumsi anak, termasuk tekstur MPASI 6 bulan harus berupa bubur kental atau puree.

Jenis Makanan yang Sehat untuk MPASI Pertama

Anda harus tahu jenis makanan sehat yang bisa diberikan pada buah hati yang mulai MPASI pertama. Berikut variasi makanan sehat yang cocok dikenalkan pada si kecil yang siap MPASI yaitu :

1. Sereal

Anda bisa memberikan sereal yang terbuat dari biji-bijian baik manual atau produk sereal bayi instan di pasaran. Pastikan saja produk sereal untuk bayi terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga aman dikonsumsi buah hati tercinta.

2. Yoghurt

Yoghurt plain bisa diberikan pada anak sebab mengandung kalsium dan vitamin D tinggi untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Anda bisa menambahkan yoghurt dengan buah-buahan pelengkap seperti apel atau alpukat.

3. Sayur hijau

Anda bisa membuat nasi tim dengan menambahkan sayuran hijau yang kaya antioksidan seperti bayam. Kandungan zat besi pada bayam juga berfungsi dalam mendukung perkembangan saraf dan kecerdasan otak anak.

4. Brokoli

Brokoli bisa menjadi menu MPASI anak yang cocok dicampurkan dengan nasi tim atau puree. Anda bisa merebus brokoli, kemudian melumat dengan cara tradisional atau menggunakan food processor untuk tekstur MPASI 6 bulan yang lembek.

5. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi si kecil sejak usia 6 bulan, misalnya kacang merah. Namun, Anda harus memastikan anak tidak memiliki reaksi alergi pada kacang lebih dahulu, ya!

6. Labu

Labu juga cocok dibuat menjadi bubur kental yang bisa diberikan untuk bayi usia 6 bulan. Kandungan vitamin A dan C pada labu bisa meningkatkan kesehatan anak menjadi lebih optimal.

7. Daging

Anda bisa memberikan daging ayam kepada anak yang dicampur dengan beras merah dalam bentuk nasi tim. Boleh juga menambahkan sayuran lain ke dalam nasi tim ini, misalnya wortel atau brokoli. Tekstur daging yang empuk bisa membuat anak lebih nyaman makan serta mendapatkan kandungan protein, zinc dan zat besi.

Tekstur MPASI 6 bulan harus Anda perhatikan dengan baik agar anak tidak alami trauma atau syok pertama kali mencoba makanan. Pastikan tekstur dalam bentuk lembek dan empuk untuk memudahkan anak menelan makanan. Yuk, mulai momen MPASI pertama anak dengan makanan sehat yang sesuai perkembangan sistem pencernaan si kecil!

admin