Cara Mengatasi Morning Sickness di Aawl Kehamilan

Cara Mengatasi Morning Sickness di Aawl Kehamilan

Selama bulan-bulan pertama kehamilan, tidak jarang ibu hamil mengalami mual dan muntah. Karena mual dan muntah sering muncul di pagi hari, kondisi ini disebut juga dengan morning sickness. Umumnya, penurunan berat badan di awal kehamilan ini disebabkan oleh morning sickness yang parah. Namun sebenarnya tidak perlu khawatir karena kondisi ini merupakan pertanda janin dalam kandungan sehat.

Tips Mengatasi Morning Sickness

  • Makan dalam porsi kecil dan sering

Perut kosong membuat mual semakin parah. Dengan makan sedikit tapi sering, dapat membantu menjaga kadar gula darah. Anda dapat makan camilan setiap 2-3 jam. Makan perlahan dan kunyah makanan dengan saksama. Sediakan makanan ringan untuk dikonsumsi sepanjang hari untuk mengatasi mual di pagi hari.

  • Konsumsi makanan tinggi protein

Untuk mengurangi rasa mual, Anda harus mulai mengonsumsi makanan tinggi protein, kaya vitamin B. Untuk mendukung kesehatan yang lebih baik, beberapa makanan kaya protein meliputi daging hewan, ikan, makanan laut, produk susu seperti susu, yogurt, dan keju, kacang-kacangan seperti almond, wijen, dan biji bunga matahari, lentil dan kacang hijau. Hindari makanan pedas, berminyak dan gorengan karena dapat menyebabkan mual.

  • Jangan melewatkan sarapan

Ketika Anda bangun dengan perut kosong, Anda akan merasa mual. Sebaiknya sarapan ringan seperti roti, kue, atau buah sebelum Anda bangun dari tempat tidur. Mengkonsumsi jahe atau mint dapat mengurangi rasa mual pada beberapa ibu hamil. Bunda bisa mencoba minum air jahe, susu jahe, permen jahe atau teh mint untuk mengobati morning sickness.

  • Minum air yang cukup

Ingatlah untuk minum cukup cairan di siang hari agar Anda tidak mengalami dehidrasi selama kehamilan. Jika Anda merasa mual saat minum air, hindari minum terlalu banyak minuman sekaligus. Makan makanan yang tinggi cairan juga dapat membantu mengurangi mual di pagi hari. Cobalah minuman yang segar seperti jus buah seperti apel atau anggur. Menambahkan lemon ke dalam minuman juga bisa dilakukan. Aroma segar lemon dapat membantu mengurangi rasa mual secara alami.

  • Istirahat yang Cukup

Stres dan kelelahan dapat memperburuk mual dan muntah kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Multivitamin untuk ibu hamil dapat mengurangi rasa mual. Juga, pastikan Anda memiliki multivitamin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda seperti asam folat, vitamin B6 dan vitamin D dalam tubuh Anda.

Hubungi dokter kandungan Anda jika Anda mengalami mual dan muntah terus-menerus yang mencegah makanan atau minuman masuk. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan cairan, penurunan berat badan, atau gangguan elektrolit yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda juga dapat mengunjungi Orami.co.id untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai kehamilan.

admin